Technopreneur? Siapa takut.

Technopreneur?

Dies Natalis ke 22 Unaki

 Mungkin  sebagian dari kita banyak yang tidak familiar dengan kata diatas. Mungkin ada juga yang sudah paham dengan kata Technopreneur, yang terdiri dari dua kata yang digabungkan yaitu Techno dan Preneur, Techno yang berarti Teknologi dan Preneur yang berasal dari kata Entrepreneur yang berarti Pengelola Usaha/Pengusaha. Jadi dapat di simpulkan bahwa, Mengelola suatu usaha dengan menggunakan teknologi. 

Seorang technopreneur adalah seseorang yang memiliki semangat wirausaha yang dapat memanfaatkan teknologi sehingga dapat menghasilkan produk-produk hasil teknologi yang dapat meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, seorang technopreneur harus memiliki kemampuan manajemen dalam entrepreneurship dengan baik.

Contoh tokoh technopreneur yang sukses menggabungkan teknologi dan kegiatan entrepreneurship antara lain Bill Gates dengan Microsoft, Steve Jobs dengan Apple, Inc., Larry Page dan Sergey Brin dengan Google, Jack Dorsey dengan Twitter dan Mack Zuckerberg dengan Facebook.

Namun tidak selalu technopreneur itu merupakan usaha dengan jenis seperti tokoh tokoh diatas, melainkan semua jenis usaha yang sebelumnya menggunakan cara tradisional dan beralih memanfaatkan teknologi yang semakin maju, contohnya yaitu dulu memasarkan produk dengan cara door to door dan beralih memasarkan produknya melalui media online yang pada dasarnya menggunakan teknologi. Technopreneur juga bisa mengembangkan inovasi baru sehingga membuat suatu usaha yang baru dan lebih baik dari sebelumnya. 

Mungkinkah kita menjadi seorang Technopreneur?
Tentu saja sangat mungkin! Bahkan peluang kita sangat besar! dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, dan juga sudah banyak orang yang menggunakan teknologi. Yang mempermudah kita untuk memasarkannya.

Menjadi Technopreneur tidaklah sulit. Salah satu contoh menerapkan Technopreneur dengan mudah yaitu berjualan online, dengan memanfaatkan media sosial yang sedang marak digemari oleh banyak orang kita tinggal memasang gambar dari produk kita kemudian kita tawarkan ke orang orang, dan jika gambar dan jualan kita menarik pasti banyak orang akan berminat dan ingin membeli, mudah kan?

Contoh lain juga bisa memanfaatkan tulisan tulisan kita di blog untuk mengikuti lomba Dies Natalis ke 22 Unaki maupun di media lain, Jika kita mampu menulis hal hal yang menarik minat banyak orang di blog kita bisajadi akan ada rang yang melirik dan mengiklankan produk mereka melalui blog kita, juga bisa seperti para selebgram yang banjir endorse.

Tentu saja semua itu tidaklah semudah apa yang saya bilang, kita perlu banyak berusaha dan selalu kreatif untuk menghasilkan suatu yang baru. Dan juga butuh keseriusan dan kesiapan untuk menjadi seorang Technopreneur.
Terima Kasih telah membaca postingan saya tentang 
Technopreneur? Siapa takut. Jangan lupa baca postingan saya yang lainnya MEMBANGUN GENERASI BERJIWA TECHNOPRENEUR

Jadi kapan kamu menjadi seorang technopreneur?

Mau menyianyiakan peluang yang mana lagi?

Some people dream of success
While others wake up and work hard at it.
-Mark Zuckerberg, Facebook Co-Founder-
Dies Natalis ke 22 Unaki

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas AKI dalam rangka memperingati Dies Natalis Unaki ke-22. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan”


Sumber dan inspirasi dalam tulisan:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »